Day 1 : Masuk Resmi Kali Pertama

Masuk pertama sungguh menggoda dengan gliyak-gliyuk semangat yang menggelora, mulai dari sepir sepatu, baju yang tersetrika klimis, mandi pagi dengan sabun wangi serta tak lupa sarapan pagi dari sisa Nasi Goreng tadi malam. Saking semangatnya saya datang ke Mascofa pukul 06.21 waktu ceklok, pada jam segini yang datang masih beberapa juru sapu saja. Saking awalnya tidak ada kegiatan yang positif bisa dilakukan, dari satu sisi belum mendapatkan tempat duduk, di sisi lain masih canggung belum sepenuhnya mengenalnya serumit dan sekelumit tentang Mascofa’s Family. Akhirnya dipilihlah kursi kosong di dekat gerbang masuk untuk diduduki dan kebetulan nampak Surat Kabar Jawa Pos edisi tanggal 12 Juni 2019. Dalam batin berkata “tak apalah dari pada ndak ada kesibukan”. Membaca surat kabar pun tak nikmat, karena bersliweran Bapak/Ibu Guru yang satu demi satu datang bergantian dengan siswa dan siswi yang menunduk sambil melontar senyum sapa tanda tanya “siapa dia?”..memang belum ada yang kenal.
Selanjutnya tibalah saatnya micropohone berbunyi semua siswa dikumpulkan di lapangan upacara guna mengikuti serangkain seremonial Halal Bihalal. Yang teringat dalam Halal Bihalal hanyalah sambutan Kepala dan Salam-salaman, sebenarnya ada beberapa agenda yang tidak terperhatikan karena saat itu diajak mengobrol sama salah satu rekan baru yang saling bertukar pengalaman tentang mengelola SKS.
Suasana Pengarahan Kepala
Halal Bihalal tuntas, Bapak/Ibu diarahkan ke ruang guru guna mendapatkan pengarahan dari Kepala, Pengarahan yang sangat bermanfaat terutama bagi para pegawai baru, baru masuk ke kawah candradimuka Mascofa. Salah satu pengarahan yang paling teringat adalah sebuah janji untuk mengajukan Gaji bulan Juli dan Gaji 13 yang insya Allah akan dicairkan. Alhamdulillah, kabar yang membahagiakan meskipun belum cair beneran. maklum belum pernah merasakan Gajian ala karyawan Mascofa.
kira-kira pukul 10.00 ada undangan ke Kantor Kementerian Agama Kota Madiun guna mengambil SPMT dan Surat Tugas. Jarak antara Mascofa dan Kemenag sangat dekat kira-kira cuman 3 km dengan perjalanan 3 s.d. 4 menit. Proses pengambilan SPMT dan Surat tugas sangat cepat cuman ttd beberapa kali, sudah langsung dipersilahkan kembali. Selepas itu kembalilah ke Mascofa lagi untuk menyerahkan SPMT dan Surat Tugas ke Kepala Tata Usaha untuk ditindaklanjuti.
Tidak ada hal menarik di hari ini kecuali melihat siswa dan siswi mascofa yang menurut visual sedikit berbeda dari tempat kerjaku yang pertama, Perbedaan ini setelah diangan-angan terletak pada Kota dan Kabupaten. Mau ndak mau anak Kota sedikit berbeda dengan anak Kabupaten. Oh ya…menariknya lagi di Wilayah sini (dekat Kos) ada budaya yang Unix dimana bisa dikatakan maling itu punah, penjelasannya begini setiap malam banyak motor-motor warga diparkir di depan rumah, disamping rumah sampai pagi dan tidak ada kekhawatiran sedikitpun kalau motornya hilang. Kata Mbah Nem memang aman dari pencurian, aman, dan aman ndak bakalan hilang. Luar biasa.

No comments:

Post a Comment