Monday, February 13, 2017

Membuat ragam hias di Media Keras

Media keras itu pengertiannya cukup banyak variannya, bisa batu, kayu, besi, baja, dan bahkan kuningan serta tembaga. Berbagai bahan menuntut konsekuensi teknik dan perlakuan yang berbeda pula. Misalnya media keras yang digunakan adalah KAYU, maka harus dipilih terlebih dahulu kayu yang jenis apa, kayu Jati, Sengon, Randu, Kayu Tahun, Glugu, dsb. Masing-masing kayu mempunyai karakter yang berbeda. ANdaikata memilih kayu Jati, maka karakternya adalah keras”atos” berserat , dan berwarna sesuai coklat muda hingga coklat tua, serta jika di cat dipermukaannya cenderung kurang bisa menyerap cat.

Dengan mempertimbangkan berbagai kesulitan jika menggunakan media Kayu, maka di MTsN Kunir memutuskan menggunakan media Sintetis dengan teknik Cor berbahan dasar Gypsum. Tentu saja bahan ini menuntut proses pencetakan dulu baru kemudian dilakukan Proses pewarnaan sesuai dengan motif dan gaya yang dikehendaki. Kesulitan terberat adalah pada proses cetak COR di cetakan yang terbuat dari Spon Busa Ati, kesulitan tersebut dikarenakan karakter Gypsum sangat cepat kering sehingga pengecorannya harus cepat dan cepat, sebelum mengering di adonan.

fase selanjutnya setelah di COR, barulah masuk ke materi Inti yaitu membuat pewarnaan dengan konsep Ragam Hias, bisa menggunakan motif flora, fauna, figuratif, dan Geometris. Cat yang digunakan paling hemat adalah cat Poster, ada beberapa siswa yang menggunakan cat akrilik, “lebih bagus” tentunya. Kelemahan cat poster jika digunakan mewarna Gypsum adalah warnanya terlalu menyerap di permukaan Gypsum sehingga berakibat lambat laun warnanya memudah, yang awalnya berwarna merah berubah menjadi merah padam sedikit tua.

jika nanti sempat akan saya lampirkan beberapa foto dokumentasi karya siswa yang cukup bagus....Dokumentasinya dapat di Lihat di LINK berikut –ragam hias media Keras –portfolio

2017-02-13_093753

Disqus Comments