" Mari Sejukkan Indonesia dengan Membaca Sholawat Nabi"
Home » » Praktek Membuat Stempel Runaflek

Praktek Membuat Stempel Runaflek

Posted by MASTER SENI on Rabu, 27 April 2016

Seni Rupa- lagi-lagi MTsN Kunir membuat praktek yang cukup aneh, yaitu praktek membuat Stempel Runaflek. Materi ini masuk dalam materi Seni Grafis dalam KTSP. Materi Seni grafis disampaikan di kelas VIII semester 2 sebelum materi Pameran. Untuk mensukseskan kegiatan pembelajaran Guru Seni Budaya Bapak Fajar, menyiapkan beberapa peralatan utama yaitu Lampu penyinaran dengan komposisi 4 lampu UV . Dengan 4 lampu UV diharapkan dapat menyinari karet runaflex sejumlah siswa satu kelas secara bersamaan.

Adapun proses pembuatannya adalah sebagai berikut:

  1. menyiapkan alat dan bahan yaitu (1) Karet Runaflex, (2) Bensin, (3) Hair dryer, (4) Saput/Kuas, (5) Wadah berupa mangkuk makan, ( 6) Double Tape, (7) Gagang Stempel, ( 8) lem Kayu, (9) spon dan (10) lampu UV serta (11) film Negatif. Aat dan Bahan tersebut disiapkan semuanya oleh kelas kecuali hair dryer dan lampu UV. Untuk karet Runaflex didapatkan dengan cara pesan Online lewat penyedia karet Runaflex yang terpercaya.
  2. Memotong ukuran film negatif press sesuai dengan desain.
  3. Membuka lapisan Mika dan lapisan plastik tipis pada karet Runaflex.
  4. Menempelkan film negatif di atas permukaan Karet Runaflex secara terbalik.
  5. Menaruh karet runaflex yang sudah terpasang film negatif di atas lampu UV dengan di press secara rata menggunakan kaca tebal.
  6. Menyalakan lampu UV selama 7 menit.
  7. Sembari menunggu waktu 7 menit, siapkan wadah makan, bensin, saput, dan double tape.
  8. setelah 7 menit, lampu UV dimatikan, karet runaflek di angkat kemudian film negatif di lepas dari permukaan karet runaflex.
  9. Pasang Double Tape pada permukaan belakang karet runaflek dan rekatkan pada permukaan wadah makan.
  10. tuangkan Bensin hingga menenggelamkan karet runaflex, tunggu sekitar 10 detik baru dilakukan Proses pengkuasan/pensaputan.
  11. Saput secara kontinyu kurang lebih sampai nampak timbul, hentikan pengkuasan ketika sudah nampak timbul, sentrong dengan Hair Dyer dalam jarak dekat kurang lebih 1 cm.
  12. ulangi pengkuasan lagi hingga didapatkan kedalaman yang diinginkan. akhiri dengan hair dryer.
  13. Tempelkan Spon di belakang karetrunaflex kemudian potong secara rapi menggunakan gunting, segera tempelkan pada gagang stempel.
  14. stempel runaflex bisa dicoba dengan bantalan stempel.

 

begitulah proses singkatnya, semoga dalam praktek nanti dapat diambil beberapa gambar pendukung untuk lebih memperjelas proses pembuatan stempel tersebut.

Thanks for reading & sharing MASTER SENI

Previous
« Prev Post

0 blogger-facebook:

Posting Komentar