Menguasai gambar Clean Up Dasar

SMK Darul Huda, Jurusan Multimedia hari ini mempelajari “gambar Clean Up” secara manual menggunakan alat tradisional pensil dan kertas. Materi yang disampaikan meliputi pengertian menggambar Clean up dan sedikit penerapannya dalam menggambar Clean Up.

Istilah “Clean-Up” merujuk kepada proses penyempurnaan karya seni kasar animasi 2D. Tujuan dari cara menggambar Clean Up adalah untuk menciptakan animasi dengan halus, garis konsisten dan garis berat sebelum ditransfer ke cels untuk melukis. Kadang-kadang animator menyebutnya dengan seni bersih-bersih dengan pensil atau tinta. Proses Clean Up dapat dilakukan secara konvensional yaitu saat awal pembuatan gambar sebelum di scan atau dilakukan setelah proses scan menggunakan komputer. (animasi 2d Kemendikbud).

image

Menggambar Clean Up adalah membersihkan gambar dengan cara menjiplak pada animasi. sedangkan menggambar sisip adalah menyisipkan gambar, warna atau teks pada animasi. Pada proses ini lebih mudah dilakukan menggunakan komputer. Software yang dapat digunakan pada tahap ini adalah seperti yang telah disebutkan di atas. Cara Menggambar Clean Up dan Sisip pada dasarnya adalah teknik menggambar yang biasa digunakan dalam pembuatan bahan animasi 2 dimensi (bidang datar) mulai dari pembuatan sketsa obyek gambar yang masih berupa goresan-goresan kasar hingga terbentuknya garis tegas layout maupun garis-dalam pada obyek sampai penyisipan gambar, warna atau teks sehingga menghasilkan gambar yang indah seperti aslinya.

Namun karena keterbatasan media dan alat, akhirnya materinya diadopsikan dengan penerapan anatomi dalam membuat sketsa untuk selanjutnya di di clean up secara manual dan minggu depan tinggal scan terus proses tracing menggunakan aplikasi Corel Draw.

Berikut adalah beberapa karya para murid yang masih pertama mengetahui Anatomi dan masih pertama menggambar dengan pensil yang berbentuk. Nampaknya masih perlu memberikan materi dasar menggambar agar kemampuannya dapat ditingkatkan.

No comments:

Post a Comment