Saturday, February 14, 2015

Permainan Kepramukaan sebagai Daya Tarik Pramuka

Kegiatan kepramukaan sudah seharusnya diramu dalam konsep yang menarik, dengan harapan kemenarikan tersebut dapat menumbuhkan sikap suka terhadap Gerakan Pramuka. Tantangan konsep menarik ini berhubungan erat dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Di jaman yang dekat dengan teknologi informasi, baik HP, Wifi, situs jejaring sosial, dan aplikasi sosial, menuntut kekreatifan para pemangku Gerakan Pramuka pada tingkat pusat hingga bawah. Bila teknologi informasi ini diabaikan, maka besar kemungkinan satu sisi kemenarikan dari Gerakan Pramuka akan berkurang dimata masyarakat.

Salah satu cara yang dibangun, demi menumbuhkan ketertarikan terhadap pramuka adalah dengan publikasi media internet khususnya melalui Blogger semacam ini. Melalui Publikasi Blog, kemudian disharingkan ke Facebook, Google Plus, dan sebagainya bahkan bisa di sharingkan ke BBM Group. Al hasil informasi tentang kepramukaan akan semakin meluas, yang akibatnya masyarakat akan tahu sejatinya kegiatan kepramukaan.

Perlu diperhatikan, tidak semua kegiatan kepramukaan dapat di sharingkan melalui teknologi informasi, tetap harus dipilah-pilah dengan kategori informasi yang mendukung “pencitraan Publik” Gerakan Pramuka. contoh kegiatan kepramukaan yang bisa disharingkan adalah semacam ini.

berikut adalah kegiatan permainan yang difungsikan untuk melatih ketangkasan,kekompakan, dan ketepatan mengambil keputusan.

Kegiatan Pindah Bola, melatih Kekompakan ReguKegiatan Pindah Bola, melatih Kekompakan ReguKegiatan Pindah Bola, melatih Kekompakan ReguMelempar Bola, ketepatan dan ketelitianMelempar Bola, ketepatan dan ketelitianbalap Karung Estafet, melatih ketangkasanPionering membuat tandu

semua kegiatan ini, dilaksanakan di Gerakan Pramuka MTsN Kunir pada hari Jumat, 13 Pebruari 2015 pukul 13.30 s.d 15.30 WIB. kegiatan berlangsung meriah penuh dengan gelak tawa…….

Disqus Comments