POLITIK dan Pol-IRI di Sebuah Organisasi

Sebuah organisasi yang fungsional akan membawa pengaruh besar pula terhadap pola tingkah laku pelaku organisasi, terutama kepada pejabat tertinggi. Sebelum kita ulas seberapa pengaruh pejabat tinggi organisasi fungsional, maka kita bahas dahulu ciri-ciri organisasi yang fungsional.

Bokong JebolMenurut Wikipedia, ciri-ciri organisasi fungsional adalah
1. Pembidangan tugas secara tegas dan jelas dapat dibedakan
2. Dalam melaksanakan tugas tidak banyak memerlukan koordinasi terutama pada tingkat pelaksanaan bawahan karena bidang tugasnya sudah tegas dan jelas digariskan. Dalam organisasi fungsional, koordinasi dititikberatkan pada eselon atasan
3. Pembagian unit-unit organisasi didasarkan pada spesialisasi tugas
4. Para direktur mempunyai wewenang komando terhadap unit-unit yang berada dibawahnya atas namanya sendiri, tidak perlu atas nama direktur utama
bila ciri-ciri tersebut dikonversikan ke organisasi Sekolah, maka ciri tersebut akan menjadi seperti ini:
1. Pembidangan tugas secara tegas dan jelas dapat dibedakan
2. Dalam melaksanakan tugas tidak banyak memerlukan koordinasi terutama pada tingkat pelaksanaan bawahan karena bidang tugasnya sudah tegas dan jelas digariskan. Dalam organisasi fungsional, koordinasi dititikberatkan pada kepala sekolah.
3. Pembagian tugas Wakil kepala Sekolah didasarkan pada spesialisasi tugas
4. Para Wakil Kepala mempunyai wewenang komando terhadap pejabat yang berada dibawahnya.

setelah melihat ciri-ciri tersebut di atas dapat diambil kesimpulan, bahwa organisasi fungsional telah terstruktur dengan baik pembagian tugas dari pimpinan hingga bawahan, yang artinya hierarki kepemimpinan sangat nampak jelas. Selain itu kehidupan organisasi memungkinkan untuk terus bertatap muka.

Pengaruh besar organisasi fungsional terhadap pola tingkah laku pelaku organisasi dapat dilihat pada cerita berikut.
" suatu ketika seorang kepala sekolah, mengagendakan untuk jalan-jalan ke maqom para Wali di beberapa tempat sekitar wilayah sekolahnya. Kepala sekolah pun mengajak bawahannya. Kegiatan tersebut dilaksanakan diluar jam ngajar, dan dengan dana pribadi kepala sekolah. "

0 Response to "POLITIK dan Pol-IRI di Sebuah Organisasi"

Posting Komentar