Berkarya Seni Lilin Hias– casting patung

Teknik pembuatan patung ada banyak, diantaranya yaitu (1) teknik pahat, (2) teknik modelling, (3) casting, dan (4) konstruksi. (edumoca.org) dalam penerapannya di kelas Seni untuk siswa anak tingkat SMP/MTs seringkali hanya berkutik di bagian pahat, dan modelling. Untuk pahat kebanyakan membuat kreasi patung mini dari sabun, sedang untuk modelling membuat patung dari malam atau plastisin dan tanah liat.

Kali ini MTsN Kunir mencoba membuat patung dalam pengertian esensinya dengan menerapkan teknik casting. Bahan yang digunakan adalah paraffin atau lilin bongkahan yang dapat dibeli di toko-toko kimia terdekat. Paraffin tersebut nantinya akan digunakan sebagai bahan utama untuk proses cetak atau casting.

Bagi yang masih bingun terkait beberapa teknik membuat patung dapat di download materi patung atau sculpture di sini

Cara membuatnya banyak tersedia di Internet cukup googling insya Allah anda akan dapat menemukannya. Di sini penulis hanya menshare cara pembuatannya. Lebih jelasnya silahkan download di sini

Yang perlu diingat, bahwa untuk mengeraskan paraffin diperlukan zat kimia steorin, bahan ini susah di cari, bila tidak menemukan di pasar zat ini tidak usah di tambahkan cukup paraffin saja, hanya saja anda tidak dapat mengatur kepadatan lilin yang sedikit berisiko lilinya akan cekung bila di bakar.

No comments:

Post a Comment