Berkarya Seni Grafis Cetak Tinggi- busa ati

Berkarya seni grafis termasuk dalam berkarya seni rupa yang memerlukan teknik yang jeli dan kesabaran ekstra. Pengertian seni grafis sendiri sebagaimana tersurat di Wikipedia Indonesia, seni grafis adalah seni cetak dengan prinsip perulangan atau dapat digandakan sebanyak diperlukan dengan bentuk dan ukuran yang sama. Beberapa teknik seni grafis adalah teknik cetak tinggi, cetak dalam, cetak saring, dan cetak datar. Dari keempat teknik tersebut teknik yang jarang digunakan dalam berkarya seni grafis adalah teknik cetak datar, hal ini dikarenakan cetak datar konvensional menggunakan batu Litho yang tidak mudah didapatkan.

Beragam teknik seni grafis tersebut, diadopsi oleh Kementerian Pendidikan Nasional Indonesia untuk dimasukkan dalam materi berkarya seni di tingkat SMP/MTs kelas VIII semester genap pada kurikulum KTSP, sedang untuk kurikulum 2013 seni grafis akan diajarkan pada kelas IX semester genap.

Di MTsN Kunir, selama 3 minggu kelas VIII telah berpraktek ria, berekspresi diri berkarya seni grafis dengan teknik cetak tinggi menggunakan media busa ati. Media busa ati ini diperkenalkan oleh Arif Rahman di praktis www.prakteksenirupa.web.id. Karakter busa ati yang mudah dipotong, mudah dibentuk, menyerap tinta, dan banyak tersedia di toko karpet terdekat membuat media ini sangat cocok untuk berkarya seni grafis teknik cetak tinggi.
Sebagai tinta, atau cat yang digunakan secara standart yaitu menggunakan tinta cetak merk Peony-karena tinta ini harganya paling murah.heee,…. Para siswa berekspresi dengan model serta bentuk yang sesuai dengan kehendak masing-masing siswa.
Adapun teknik atau cara pembuatannya dapat dilihat dan di download di Sini.

Berikut ada beberapa foto dokumentasi karya para siswa.
proses pencetakan di kertas

ide kreatif ekspresif

No comments:

Post a Comment