" Mari Sejukkan Indonesia dengan Membaca Sholawat Nabi"
Home » , » 5 Kriteria KArya Seni Rupa Terapan Yang Baik

5 Kriteria KArya Seni Rupa Terapan Yang Baik

Posted by MASTER SENI on Jumat, 19 Juli 2013


Berikut adalah kriteria karya seni rupa terapan yang baik yaitu:

Ide

Seseorang dalam menanggapi alam akan timbul kekaguman terhadap keindahannya sehingga muncul gagasan untuk menuangkan ke dalam karya seni rua. Suatu kondisi pribadi dan status seseorang karena pengalaman yang berbeda-beda menentukan persepsi baru. Setiap pribadi yang terbentuk dengan kukuh dan kuat dibina oleh unsur-unsur dari dalam (internal) dan unsur-unsur dari luar(ekesternal). Seorang seniman bermutu akan menghasilkan karya khas pribadi dengan simbol pribadinya. Dengan demikian simbol tersebut dapat ditangkap oleh orang di sekitarnua sehingga menjadi suatu karya seni yang berbobot dan komunikatif.

Kreativitas

Penciptaan karya seni dengan menwujudkan sesuatu yang belum pernah ada, mempunyai arti dan nilai baru disebut kreativitas. Daya kreasi yang kuat berarti kekuatan menciptakan hal-hal baru dalam karya seni rupa yang baik akan terkandung unsur kreativitas yang kuat.

Komposisi
Karya yang baik memiliki susunan kadar nilai seninya yang tinggi.untuk menciptakan karya seni juga berdasarkan norma-norma seni rupa. Norma seni meliputi unsur seni rupa dan prinsip seni rupa. Membuat komposisi diartikan usaha keras untuk membuat form atau bentuk yang indah dan estetis.

Gaya perseorangan
Gaya perseorangan harus mencerminkan kejujuran. Ciri khas yang menjadi latar belakang pribadi, cita atau visi(pandangan pribadi), dan interpretasi(pemahaman). Gaya perseorangan berupa pemilihan, pengolahan barang, dan bentuk teknik berkarya. Gaya tersebut menunjukkan karya yang dibuat.

Teknik dan wujud
Teknik adalah cara seseorang dalam mewujudkan gagasan atau ide menjadi sesuatu yang menarik sehingga mempunyai nilai perwujudan dengan dengan penggunaan media seni rupa yang berupa alat dan bahan seni rupa.

Thanks for reading & sharing MASTER SENI

Previous
« Prev Post

0 blogger-facebook:

Posting Komentar