Opini Kesepian Anak SMA


Anak SMA, Sekolah Menengah Atas.Anak usia SMA sebagai individu yang berada pada tahap yang tidak jelas dalam rangkaian proses perkembangan individu. Ketidakjelasan ini karena mereka berada pada periode transisi, yaitu dari periode kanak-kanak menuju periode orang dewasa. Pada masa tersebut mereka melalui masa yang disebut masa remaja atau pubertas. Umumnya mereka tidak mau dikatakan sebagai anak-anak tapi jika mereka disebut sebagai orang dewasa, mereka secara riil belum siap menyandang predikat sebagai orang dewasa.( http://ekobudiprasetyonugroho.wordpress.com)

Beberapa kasus yang terjadi pada anak usia SMA semakin menunjukkan karakter transisi yang rentan segalanya. Kasus umum yang mencuat di beberapa media internet, televisi, dan surat kabar adalah pemakai dan pengedar Narkoba (Replubika), seks diluar nikah, minum-minuman keras, dan tawuran. Hal ini sesuai dengan lansiran Badan Narkotika Nasional (BNN), kasus penyalahgunaan narkoba terus meningkat di kalangan remaja. Dari 2,21% (4 juta orang) pada tahun 2010 menjadi 2,8 (sekitar 5 juta orang) pada tahun 2011. Yang berikutnya adalah seks bebas. Contoh kenakalan remaja dalam pergaulan seks bebas akan bersangkutan dengan HIV/AIDS . Ketiga adalah tawuran antarpelajar. Di kota-kota besar, satu tahun belakangan ini, tawuran antarpelajar semakin meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Serangkaian kasus di atas merupakan efek samping atau side effeck dari kegersangan diri dari iman. Kegersangan iman dapat terjadi karena beberapa faktor diantaranya kekurangan ilmu. Terutama ilmu untuk menikmati kesepian.

Ada seseorang yang tidak mendapatkan kasih sayang oleh orang tuanya, karena orang tuanya mencari uang ke luar negeri, atau telah pergi jauh tanpa tahu kapan kembali. Kondisi semacam ini bila tidak dibarengi iman yang baik dapat merangsang timbulnya mencari kasih sayang ke tempat lain. Kasih sayang itu kemudian diperolehnya dari teman, bahkan bisa pacar. Kalau kasih sayang itu berasal dari pacar, maka kemungkinan menemukan kasih sayang yang sejati semakin sulit. Hal ini karena kasih sayang oleh pacar malah akan mendatangkan 2 kemungkinan besar yaitu kecemburuan tak berbatas dan patah hati. Kedua perkara tersebut tidak ada nikmatnya.

Adapun kasih sayang yang terbaik adalah kasih sayang dari Allah dan Rosulullah. Allah adalah Dzat yang Maha Rohmat dan Maha Rohim. Muhammad Rosululllah adalah Rosul yang sangat cinta kepada umatnya.
Jadi bila merasa kurang kasih sayang jalan terbaik adalah meningkatkan ibadah dan memperbanyak bersholawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan hati yang hadir. Bismillah. Allahumma Sholli ‘Ala sayyidina Muhammad

No comments:

Post a Comment