Seni Rupa Mancanegara Jerman-Topeng(mask)

Berikut ini adalah karya seni otentik dari pedesaan rakyat Jerman, yang biasanya digunakan dalam perayaan tradisional atau karnaval. Topeng Ini memiliki nilai seni yang tinggi, dilihat dari kekhasan gaya ukirannya yang terbaik di Eropa.

.


IDENTIFIKASI KARYA SENI RUPA TERAPAN TOPENG JERMAN
Ukuran                 : 9 inch
Bahan                   : Kayu
Teknik                  : Pahat
1.       Kayu yang telah tua digergaji seukuran 9 inch lingkaran.
2.       Kayu dikeringkan dengan cara pengangin-anginan.
3.       Ketika getah kayu telah hilang kayu mulai proses pendesaian bentuk.
4.       Desain fix dilanjutkan dengan pencukilan bagian yang tidak penting bertahap hingga membentuk topeng yang diinginkan.
5.       Penghalusan tekstur topeng dengan teknik amplas atau gosok dengan kain kasar.
6.       Pewarnaan dengan cat minyak berbasis kayu, pada bagian-bagian.
7.       Finishing karya dengan pernis atau glasir agar Nampak mengkilat dan menjaga warna.

SEKELUMIT TENTANG TOPENG JERMAN
Topeng merupakan karya seni yang berfungsi sebagai penutup wajah atau Masker di teater atau drama  dan pertunjukan seni lainnya, serta untuk tujuan agama dan ritual. Topeng Seringkali dilengkapi dengan trim atau kostum. Selain itu, ada beberapa topeng yang digunakan sebagai perlindungan wajah.

Asal mula topeng adalah segala sesuatu yang membungkus sebagian tubuh terutama bagian wajah, bahannya terbuat dari kayu, kulitm tanah liat, kain, plastik, dsb. Topeng juga disandarkan pada coretan atau sapuan perias wajah atau disebut dengan make-up(masker wajah). Dalam arti yang lebih luas, masker  istilah dalam teater dan make-up disebut dengan Maskenbildnerei (bahasa Jerman)

Masker atau topeng mempunyai peranan penting dalam upaya untuk menyembunyikan, melindungi wajah yang memungkinkan untuk menjadi sosok atau karakter lain yang mewakili mereka. Dalam hal ini topeng menjadi sarana utama pembentukan karakter tokoh pementasan drama atau teater.

Awalnya topeng bersifat mistis dan sacral. Topeng digunakan oleh orang-orang primitif dalam tarian ritual mengusir roh-roh jahat, dan memohon kesejahteraan. Sampai sekarang pun ritual semacam ini masih berkembang di beberapa wilayah terpencil di Jerman.




DAFTAR PUSTAKA





No comments:

Post a Comment