Saturday, January 19, 2013

MTsN Kunir: Perkemahan Penempuhan SKU Ramu,Rakit, dan SKK

3 hari dua malam, 6,7,8 Januari 2013 Gerakan Pramuka MTsN Kunir menghelat kegiatan perkemahan penempuhan SKu Ramu dan Rakit serta Pengujian 8 SKK(Syarat Kecakapan Khusus). Perkemahan ini diikuti oleh semua siswa kelas VII putra dan putri. Bertugas sebagai panitia adalah Adik-adik dari kelas VIII selaku pemangku stuktural Dewan Penggalang Gerakan Pramuka gudep 1955-1956 periode 2012/2013.
selam 3 hari tersebut kegiatan diramu dengan konsep pengujian dan perlombaan(kompetisi). Pengujian dimaksud dengan malakukan test secara langsung dan tidak langsung sesuai dengan petunjuk penyelenggaraan yang dikleuarkan Kwarnas.

Beberapa kegiatan dalam perkemahan yaitu sholat 5 waktu berjamaah. Selama perkemahan semua peserta dan panitia digerakkan untuk mengikuti sholat berjamaah. Hal ini merupakan pembelajaran sholat berjamaah 5 waktu bagi semua komponen perkemahan. Adapun bertindak sebagai muadzin, dan imam secara bergiliran adalah peserta, panitia dan Pembina. Melalui sholat berjamaah 5 waktu ini semua peserta dan panitia yang telah melaksanakannya dengan tertib tanpa sekalipun absen sholat berjamaah berhak memperoleh TKK Sholat tingkat Purwa.

Kegiatan lainnya adalah pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih setiap pukul 6 pagi untuk pengibaran dan 5 sore untuk penurunan. Ketika proses pengibaran dan penurunan bendera merah putih semua aktivitas di lingkungan perkemahan dihentikan, sejenak berdiri dan menghormat kepada bendera merah putih. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme semua komponen perkemahan.

Kegiatan selanjutnya adalah kompetisi membuat menara 7 tongkat atau pioneering. Masing-masing regu mengirimkan 3 anggota terbaiknya untuk berlomba membuat pioneering yang kokoh, indah, simpulnya tepat, dan seimbang. Waktu yang diberikan hanya 30 menit. Selama kegiatan pioneering langit menurunkan tetes demi tetes air kehidupannya mengiringi kehidupan semangat masing-masing peserta untuk terus berkarya memberikan yang terbaik bagi diri mereka sendiri regunya, serta almamater tercinta.

Seorang pramuka diharapkan memiliki kemampuan seni, melalui kegiatan membuat hasta karya dan pentas seni semua peserta pekemahan dimotivasi untuk menampilkan aktivitas seni yang original. Nampaklah beberapa penampilan yang lucu, kompak, bahkan ada beberapa yang canggung tapi tetap dipaksakan. Sebuah pesan moral yang menjadi penyemangat tampil pentas seni ,’ Lebih Baik Mencoba Berkreasi, dari pada Tidak Sama Sekali,”. Alhamdulillah semua regu menampilkan beragam pentas seninya tanpa kecuali

Kemandirian sebagai jargon perkembangan zaman, yang paling sederhana adalah mandiri dalam makanan, yang artinya semua peserta perkemahan harus bisa memasak sendiri untuk kebutuhan sendiri. Dalam perkemahan ini, semua peserta yang terkumpul dalam satuan regu diharuskan membuat masakan sendiri sela 3 hari 2 malam atau setara dengan 6 kali memasak. Menu yang mereka masak cukup variatif meskipun tetap dominan mie instan. Minimal semua peserta merasakan rasanya hidup dengan memasak sendiri tanpa bantuan dari orang tua.

Demikanlah sedikit kegiatan perkemahan penempuhan SKU ramu dan rakit serta pengujian 8 SKK. Pelantikan SKU Rakit dan 8 macam TKK dilaksanakan pada hari Senin 14 Januari 2013 dihadapan semua civitas akademika MTsN Kunir.

ini ada beberapa dokumentasi kegiatannya..




















diadopsi dengan lembut dari http://mtsnkunir.sch.id oleh Bapak Ridho Al-Farabi
Disqus Comments