Monday, December 3, 2012

MTsN Kunir: Tugas Apresiasi Akselerasi

Pelaku Seni                  Agus Suwage
Medium                       paint, Canvas
Tahun Pembuatan        2000
Dimensi                       115 cm x 200 cm x cm
Deskripsi                     Courtesy Nadi Gallery

ANALISIS FORMAL
Tahap 1 : Diskripsi Karya
Ingat pada tahap ini hanya menceritakan segala sesuatu yang Nampak tanpa penafsiran artinya. Bisa dimulai dari sebelah kiri ke kanan. Cobalah ceritakan dengan gaya bahasa yang menarik. Misalnya dari bentuk lukisan, warna, bagian-bagian lukisan, proporsi, keseimbangan. Hati-hati jangan sampai mengadili dengan mengutarakan karya ini keseimbangannya kurang atau yang lainnya, kita hanya menceritakan proporsinya bagaimana, dst.

  
Tahap 2: Analisis Formal
Pada tahap ini menceritakan lebih dalam terkait hal-hal yang Nampak pada tahap satu, misalnya pada tahap 1 menemukan unsur visual berupa sesosok kepala, pada tahap 2 dipejelas dengan mimik wajahnya, kondisi kulitnya dsb. Intinya pada tahap 2 ini kita sudah menggunakan perasaan kita untuk menilai sebuah karya.

  
Tahap 3: Interpretasi
Pada tahap ini bercerita secara utuh atas isi karya itu menurut kita sesuai dengan data yang telah kita ungkapkan pada tahap 1 dan 2. Tahap inilah, tahap dimana kita memiliki kebebasan untuk berinteraksi dengan karya tersebut sesuai pengalaman yang kita miliki. Buatlah interpretasi ini sebagai cerita panjang yang sungguh mencerminkan bahwa kita mampu menghargai karya seni.


Tahap 4; evaluasi
Tahap ini hanya kata-kata terakhir kita untuk karya tersebut.

adapun format bentuk Word dapat diunduh di sini(lengkap dengan gambar) DOWNLOAD
setelah di isi, langsung kirim via e-mail di fajarcahyono07@yahoo.com
minggu depan kita praktek lukis-ketentuan lebih lanjut kita bicarakan nanti-

Disqus Comments