TIK: Pengenalan Bilangan Biner

Pada beberapa  komputer awal, mesinnya adalah mesin desimal dan mesin  dalam komputer modern adalah mesin biner. Artinya, angka dalam komputer direpresentasikan dalam bentuk biner. Bahkan, bagaimana semua informasi diwakilkan menggunakan nilai biner. Alasannya adalah bahwa setiap lokasi penyimpanan dalam komputer berisi sinyal tegangan rendah atau tegangan tinggi. Karena masing-masing lokasi dapat memiliki salah satu dari dua negara, adalah logis untuk menyamakan negara-negara ke 0 dan 1. Sebuah sinyal tegangan rendah disamakan dengan 0, dan sinyal tegangan tinggi disamakan dengan 1. Bahkan anda bisa melupakan tegangan dan berpikir dari masing-masing lokasi penyimpanan sebagai 0 atau 1. Perhatikan bahwa lokasi penyimpanan tidak boleh kosong, tetapi harus berisi baik 0 atau 1.

Setiap unit penyimpanan disebut biner digit atau singkatnya bit. Bit dikelompokkan bersama ke dalambyte (8 bit), dan byte dikelompokkan bersama ke dalam satuan yang disebut kata-kata. Jumlah bit dalam sebuah kata yang dikenal sebagai panjang kata komputer. Misalnya, IBM 370 arsitektur di tahun 1970-an setengah kata (2 byte atau 16 bit), kata-kata penuh (4 byte), dan kata-kata ganda (8 byte).

Komputer modern seringnya menggunakan mesin 32-bit (seperti prosesor Pentium III Intel) atau mesin 64-bit (seperti Compaq prosesor Alpha dan prosesor Itanium Intel). Namun, beberapa mikroprosesor yang digunakan dalam aplikasi seperti pager adalah mesin 8-bit. Mesin komputasi yang anda gunakan, apa pun itu, pada akhirnya didukung oleh sistem bilangan biner.

beberapa materi terkait Bilangan Biner saya upload di BOX bisa Anda Download melalui link berikut
TIK DOWNLOAD

0 Response to "TIK: Pengenalan Bilangan Biner"

Posting Komentar