Monday, January 16, 2012

Islami: Berobat Alternatif yang menggunakan JIN

Bagaimana hukumnya berobat ke alternatif yang diketahui menggunakan JIN yang belum diketahui menggunakan jin kafir atau muslim?
dukun, src: poskota.or.id
 Bekerjasama dengan jin bagi orang-orang yang mengerti atau memiliki ilmu yang cukup tentang jin, serta tidak dikhawatirkan terjebak pada kemusyrikan atau penyembahan hukumnya diperbolehkan. Sebagaimana nabi Sulaiman AS.
Sebaliknya bagi orang yang khawatir akan timbulnya bahaya yang muncul akibat bekerja sama dengan jin baik untuk dirinya maupun keluarganya lebih-lebih agamanya hukumnya tidak boleh. Bagi orang yang awam yang tidak tahu sama sekali dunia jin jangan coba-coba, sebab dikhawatirkan terlalu percaya dengan jin yang akhirnya bisa memuja-muja jin. Tentu saja termasuk syirik(dosa besar)
Bagi yang ingin mendatangi ahli pengobatan alternatif, maka carilah orang yang diakui agamanya, akhlak dan kepribadiannya, kejujuran, dan amanahnya. Serta mau bertanggung jawab serta mau membimbing akidah para tamunya. Jangan sampai mendatangi para dukun atau tukang ramal yang tidak jelas agamanya, yang tidak bisa dipegangi amanahnya serta tidak bertanggung jawab dengan akidah para tamu yang berobat padanya. Rasulullah SAW bersabda: sesungguhnya malaikat itu turun di’anan yaitu awan kemudian menceritakan hal-hal yang telah diputuskan di langit dan setan sempat mencuri dan ikut mendengarkannya, lantas setan itu memberitahu para dukun, kemudian para dukun membubuinya dengan seratus kebohongan. (HR> Muslim)
Kalau memang yang mengobati secara alternatif itu tidak diketahui apakah jinnya jin muslim atau kafir, mintalah informasi tentang kehidupan kesehariannya, agama dan akhlaknya. Insya Allah kalau orang yang memahami dan mengamalkan agama dengan benar dia tidak akan menggunakan jin kafir yang bisa menyesatkan.

KH. Mrzuki Mustamar dan KH. Chamzawi, dari media ummat,-double "M"
Disqus Comments