Wednesday, December 7, 2011

Pramuka UM: Intervensi yang sangat positif

perkembangan jaman selalu diikuti dengan perkembangan teknologi, termasuk di dalamnya perkembangan peradaban manusia mulai dari pola berpikir hingga bertingkah laku, semuanya berlangsung dinamis tidak statis.setiap tahunnya manusia selalu saja memiliki inovasi baru untuk membuat manusia itu sendiri dapat hidup lebih mudah layak. contoh konkirtnya dengan muncul teknologi HP(handphone) manusia semakin mudah berkomunikasi antara satu dengan lainnya meskipun berbeda tempat nan jauh di sana.

kecilpun bisa jadi pemimpin(Imam)
negara Indonesia pun juga demikian, sistem pemerintahan berjalan dengan lebih go online, artinya keuangan bisa diaudit secara online, tanpa harus menghitung jumlah uang negara yang mencapai trilyunan secara manual segalanya serba komputerisasi.

tidak perlu muluk-muluk jauh dari kondisi konstektual dekat dengan diri kita, yang namanya organisasi akan terus bergulir dan bergulir terlepas mengarah ke yang lebih baik atau sebaliknya tergantung sistem manajemen yang digunakan serta faktor eksternal.


faktor eksternal seringkali memiliki pengaruh yang sangat kuat apabila internal tidak memiliki pondasi yang kokoh dalam arti kekompakan, kematangan teori dan konsep, serta keberanian untuk mengatakan tidak bila itu memang tidak cocok atau tidak benar. sebab pengalaman di lapangan bila diam saja maka itu berarti "iya".
bila memang sudah demikian, eksternal lebih dominan, maka internal selaku pihak berkuasa seyogyanya mengambil tindakan otonom terhadap daerah kekuasaannya untuk segera memutuskan tindakan defensif, dengan harapan influence dari unsur eksternal bisa sedikit banyak diredam dengan bijaksana.

bila diputar balik, maka unsur eksternal seyogyanya mampu menempatkan diri secara lebih dewasa dengan fungsinya yang lebih penting yaitu mengayomi dan mendukung sepenuhnya unsur internal bukan malah mengintervensi.

tapi begitulah perkembangan zaman kadang semakin memudahkan kadang pula semakin memusingkan. semoga kita senantiasa mendapatkan jalan yang terbaik.
Disqus Comments