Friday, December 16, 2011

Islami: Gara-gara Alhamdulillah, Istighfar 30 tahun

Konon Sirri al-Saqothi, salah satu seorang kaum sufi pernah berkata,'sudah tiga puluh tahun aku beristighfar kepada Allah hanya karena ucapan alhamdulillah yang keluar dari mulutku".tentu saja banyak orang menjadi bingung dengan pernyataannya itu lalu bertanya kepadanya,"bagaimana itu bisa terjadi?"
Alhamdulillah yang membawa istighfar
Sirri berkata," saat itu aku memiliki toko di Bagdad, suatu saat aku mendengar berita bahwa pasar baghdad hangus dimakan api, padahal tokoku berada di pasar tersebut. aku bersegera pergi ke sana untuk memastikan apakah tokoku juga terbakar atau tidak? seseorang lalu memberitahuku," Api tidak sampai menjalar ke tokomu." aku pun mengucapkan Alhamdulillah. setelah itu terpikir olehku," apakah hanya engkau saja yang berada di dunia ini? walaupun tokomu tidak terbakar, bukankah toko-toko orang lain banyak yang terbakar. ucapanmu "Alhamdulillah" menunjukkan engkau bersyukur bahwa api tidak membakar tokomu. dengan demikian engkau telah rela toko-toko orang lain terbakar asalkan tokomu tidak terbakar! lalu akupun berkata pada diriku sendiri lagi," tidak adakah barang sedikit perasaan sedih atas musibah yang menimpa banyak orang di hatimu, wahai Sirri"


(disini Sirri menyitir hadis Nabi," barang siapa melewatkan paginya tanpa memerhatikan urusan kaum muslimin,niscaya bukanlah ia termasuk dari mereka(kaum muslimin). sudah 30 tahun saya beristighfar atas ucapan alhamdulillah itu.
Disqus Comments