Curhat : Cemburu tingkah batin nan-Menyiksa

bicara tentang yang disenangi, termasuk hobi, teman, sahabat, pacar, kekasih, berbicara tentang pemoposian diri dihadapan yang disenangi.

istilah yang lebih umum digunakan kawula muda tentang senang dan disenangi adalah satu kata "sayang". setiap sayang selalu beriring dengan beranggap posisi terbaik terdekat bersama yang dikasih, hingga bila ada orang lain dekat berdampingan dengan sang kekasih muncullah rasa hati yang susah diungkapkan kata-kata, bilapun diungkapkan dengan kata-kata, ungkapan yang sedikit menyerempet adalah kecemburuan.

Cemburu yang bercampur emosi menggila menjadi Luka
cemburu ini diskripsinya sifat tidak rela bila kekasih menduakan atau menurunkan derajat kita dihadapannya, inginnya kekasih itu selalu menempatkan kita diposisi yang paling dekat dan istimewa disampingnya.

rasa cemburu membahana mengitari seisi hati menular cepat merasuk ke logika. sampai di logika seantero raga dan jiwa memanas meremas jantung memacunya semakin cepat seakan-akan mengajak kita untuk berlari cepat, cepat, cepat, dan cepat melupakan, memaafkan, meninggalkan, berharap rasa itu menghilang dari raga dan jiwa.

namun,.........semakin ditinggalkan....rasa itu semakin mendesak jantung untuk berhenti sejenak agar rasa itu hilang sejenak pula.

cemburu rasa yang sangat menyiksa menurut beberapa orang. sangat merendahkan nilai diri, sangat menghilangkan kewibaan diri.........dengan cemburu, orang akan jatuh harga dirinya dimata kekasih, yang berarti sesungguhnya kekasih tak sepenuhnya kasih dengan kita, namun sebaliknya kita sangat mengasihinya melebihi kekasih mengasihi kita.

diakui atau tidak, ketika rasa cemburu itu muncul berarti kita memiliki rasa kasih yang lebih besar dibanding kasihnya kekasih kepada kita.bahkan ketika kita cemburu, kala itu kekasih yang kita kasih semakin sangat, dan sangat kita kasihi. hingga alam bawah sadar tidak mau meninggalkannya, apalagi bertindak yang membuat kekasih tidak meridhoi,.,.

oleh karenanya cemburu itu anugrah yang amat besar, tergantung bagaimana hati ini menyikapinya secara iman dan taqwa, meski sejujurnya berat rasanya menenangkan rasa cemburu, memerlukan waktu dan tempat yang tepat.

semoga bila cemburu, semakin menambah kita dekat kepada sang kekasih bukan malah sebaliknya...

semoga bila punya kekasih, tidak perlulah membuatnya cemburu yang terlalu, cukuplah dengan cemburu-cemburu peningkat kasih sayang.

*kasih itu hampir relevan dengan kata cinta

3 comments :

  1. wow teori yang matang tentang makna kasih sayang....kayaknya sudah tau betul bagaimana cinta itu yeee...

    ReplyDelete
  2. wow teori yang matang tentang makna kasih sayang....kayaknya sudah tau betul bagaimana cinta itu yeee...

    ReplyDelete
  3. sepertinya PAK E sudah pernah jatuh cinta...
    heeemmmm

    ReplyDelete