Curhat: bulan ternyata bisa Lapar

malam yang serba salah, kemarin itu ada gerhana bulan. sebuah fenomena yang menunjukkan bahwa bulan telah menampakkan wujud aslinya yaitu kegelapan. sejatinya bulan itu tidak dapat bercahaya sedemikian rupa, karena kemurahan dan kedermawanan mataharilah bulan kebagian sedikit kecerahannya.
bulan ternyata bisa lapar, kala gerhana bulan, ada bumi yang mengambil jatah shodaqoh matahari kepada bulan dengan paksa. bumi memanglah tak punya sopan santun, tak tau adab, sudah tahu bulan membutuhkan shodaqoh sinar atau cahaya dari matahari malah diserobot, beginilah akibatnya gelap. yang sengsara bumi sendiri, betapa tidak keindahan bulan purnama jadi hilang, malah-malah manusianya harus melaksanakan sholat gerhana bulan lengkap dengan khotbahnya.

malam yang serba salah, kok bisa..ya jelas to...malam harusnya gelap diberi cahaya bulan, tahu-tahu bulan ga bisa makan, akhirnya mati sejenak cahayanya...begitu manusia juga masih belum sadar kalo bulan itu membutuhkan uluran tangan kita, hanya sebagian yang sadar...mereka dengan sukarela membantu bulan agar hidup kembali dengan memberi makan bulan, berupa daging ayam hitam, kepala kerbau, mantra-mantra, dupa-dupa....bahkan seduan minuman keras,.,sangat toleran.

malam yang serba salah, mau tidur hati bergerak menuju Lirboyo kediri untuk mengikuti pengajian akbar dalam rangka tahun baru Hijriyah plus sholat gerhana bulan. kali ini tidak salah, ini yang paling benar. kok bisa, disaat orang memberi makan bulan dengan segala aktivitasnya yang tidak mengarah pada si pencipta bulan.

No comments:

Post a Comment