Friday, October 28, 2011

Pramuka UM: OPP kembali di gelar


PRamuka UM: dalam waktu dekat segenap pramuka UM akan mengadakan kegiatan diklat anggota baru di Pujon City Malang. Diklat kali ini dinamai Orientasi Pramuka Pandega XXXII. Kawah candradimuka bagi para calon anggota baru pramuka UM, Pujon merupakan tempat yang indah, terkenal dengan daerah penuh dengan gunung dan perbukitan, serta kaya akan air terjun. Seperti air terjun grojokan sewu, coban rondo, coban manten, dan sebagainya.
Terlepas dari segala keindahan Pujon, diklat ini menurut hemat penulis akan berwarna hijau, dalam artian akan mengembalikan nuansa alam yang sangat berkebalikan dengan kehidupan di kota. Dengan penerapan pola semacam ini calon anggota baru harus beradaptasi secara fisik juga mental untuk bersiap untuk hidup di alam. Kesiapan itu minimal dengan perbekalan yang standar camping on nature. Seperti kompor masak, makanan siap saji semacam gabin, pakaian tebal, dan jas hujan serta tenda yang tak tembus air.
Persiapan yang matang akan menentukan kenikmatan hidup di alam.
Konsep yang matang dari panitia akan mewarnai aktivitas peserta nantinya. Diperkirakan konsep yang ditanamkan tidak akan jauh dari konsep manusia purba, yaitu NOMADEN sebuah konsep hidup berpindah-pindah atas dasar kebutuhan hidup. Dalam konsep nomaden, setiap peserta harus mampu melakukan adaptasi diri secara cepat dengan lingkungan yang baru.
Nomaden ini akan menuntut setiap peserta untuk hidup sosial, akan menjadi sengsara jika apatis dan egois.
Okelah sukses dah.,.,.,.,.,
Disqus Comments