Breaking News
Loading...
Friday, November 23, 2012

Seni Musik: Jenis dan Klasifikasi Lagu Daerah Setempat

8:10 PM
Selamat Membaca Artikel Ini dengan Bijaksana, Bila Copy Paste jangan Lupa cantumkan Sumbernya
Jenis lagu Daerah
Lagu daerah Indonesia banyak sekali jumlahnya, terbentang dari Sabang dampau Merauke. Namun secara umum, lagu yang berkembang di Indonesia dibagi menjadi dua yatu:
Ø  Lagu tradisional atau lagu daerah yaitu lagu yang kalimat lagunya atau teks lagunya beserta syairnya lahir dari daerah setempat yang digunakan secara turun-temurun oleh masayarakatnya. Bentuk dan karakter lagu sangat sederhana dan bersifat monoton atau kedaerahan. Lagu tradisional biasanya juga diiringi oleh instrumen tradisional misalnya macapat.
Ø  Lagu noon tradisional atau lagu modern, yaitu lagu yang lirik dan syairnya berasal dari bahasa nusantara dan lahir karena perkembangan budaya yang modern, instrumen pengiringnya pun juga modern. Misalnya lagu kroncong.

Klasifikasi lagu daerah
Lagu daerah nusantara dibagi menjadi 2 klasifikasi yatu:
Ø  Lagu permainan
Masih ingatkah dengan petikan syair “ular naga panjangnya bukan kepayang...” atau” saya orang miskin, saya orang miskin. Saya orang kaya, saya orang kaya” yang biasanya dinyanyikan dalam permainan beregu. Kedua contoh di atas merupakan lagu permainan, hal ini didasarkan atas fungsi dari lagu tersebut yang cenderung berkesan senang-senang. Contoh lagu lainnya adalah Domikado..... secara umum, lagu permainan merupakan lagu daerah setempat yang dinyanyikan untuk meramaikan permainan anak-anak
Berikur adalah beberapa contoh lagu permainan dari berbagai daerah:
NO
daerah
Judul lagu(link Dwonload MP3)
1
Jawa Tengah dan Jawa Timur
Pitik Putung
2
Jawa Barat
3
MAluku
4
Sumatera Timur

Ø  Lagu Pergaulan
Lagu pergaulan merupakan lagu-lagu daerah yang dinyannyikan oleh kalangan anak muda daerah setempat sebagai media pergaulan. Perbedaan mencolok antara lagu permainan dan pergaulan adalah tingkat umur yang menyanyikannya. Jika lagu permainan biasa dinyanyikan oleh anak-anak sedang  lagu pergaulan dinyanyikan oleh muda mudi daerah setempat dengan fungsi untuk menjalin hubungan pertemanan. Selain itu, lagu pergaulan memiliki kesan kedewasaan baik dari segi lirik maupun syairnya. Berikut beberapa contoh lagu pergaulan dari berbagai daerah:
NO
daerah
Judul lagu(link Dwonload MP3)
1
DKI Jakarta
2
Jawa Tengah
3
Jawa Barat
4
Aceh
5
Tapanuli
6
Riau

Creative By : h.m. Idem Master Seni

Terimah Kasih telah membaca artikel Seni Musik: Jenis dan Klasifikasi Lagu Daerah Setempat . Yang ditulis oleh h.m. Idem .Pada hari Friday, November 23, 2012 . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih


:: Get this widget ! ::

0 comments :

Post a Comment

 
Toggle Footer