Breaking News
Loading...
Wednesday, March 7, 2012

seni musik: konsep seni musik nusantara

7:48 PM
Selamat Membaca Artikel Ini dengan Bijaksana, Bila Copy Paste jangan Lupa cantumkan Sumbernya
Bumi nusantara yang sangat luar terdiri dari rubian pulau dan ratusan suku yang memliki latar belakang budaya, termasuk seni musik, yang berbeda beda. Dalam proses penciptaan seni musik suatu daerah, seniman berinteraksi dengan masnyarakat dan lingkungan alam sekitar. Keadaan sosial budaya masyarakat tradisional yang masih banyak berkaitan dengan hal – hal yang dianggap gaib dan sacral membuat karya musik di berbagai daerah nusantara hampir tidak dapat dilepaskan dari kegiatan bermain musik di berbagai daerah nusantara hampir tidak dapat dilepaskan dari kegiatan yang berbau mitos dan hal magis dalam berbagai upacara. Baik itu upacara kematian, pernikahan, menanam padi, berburu, perang dan masih banyak lagi. Dalam upacara tersebut digunakan berbagai mantra, alat, lagu dan gerak berirama yang kita kenal sebagai kesenian tradisional.
Musik tradisional ini bagi masyarakat setempat merupakan kekayaan budaya dan identitas daerah tersebut. Tiap daerah memiliki ciri yang berbeda dari daerah lain, sehingga seni musik tradisional disebut juga senimusik daerah.
Sebagai contoh, dalam upacara Seren taun yang diadakah di Jawa Barat katika panen padi digunakan alat musik angklung sebagai sarana upacara. Penggunaan alat musik angklung sebagai sarana upacara. Penggunaan alat musik angklung tersebut dapat memberikan gambaran bagi kita budaya masyarakat Sunda. Melihat hal tersebut, beberapa komponins Sunda memberi perhatan terhadap alat musik tradisi ini. Tokoh seperti Daeng Sutikna, Koko Koeswara Mang Udjo menciptakan sistem tangga nada dan melakukan usaha pelestaraian kesenian angklung.
Tata upacara berikut seni musiknya diwariskan dari generasi ke generasi. Pewarisan tradisi ini terpadu dalam aktivitas sehari – hari. Namun, tradisi bukanlah sesuatu yang beku atau tak berkembang. Pertumbuhan budaya lain turut mempengaruhinya, tak terkecuali budaya modern.
Kebudayaan barat modern yang menyerbu dengan deras membuat pewarisan budaya seni ini makin sulit dilakukan. Sehingga dilakukanlah usaha – usaha untuk mempertahankannya seni budaya tersebut.
Selain sebagai identitas daerah, seni musik juga menjadi identitas bangsa. Sebagai suatu seni pertunjukkan tradisional indonesia yang unik, seni musik banyak menarik wisatawan mancanegara, seperti angklung Sunda ini, dimainkan bersama – sama oleh para wisatawan sebagai bagian dari paket wisata.

Creative By : h.m. Idem Master Seni

Terimah Kasih telah membaca artikel seni musik: konsep seni musik nusantara . Yang ditulis oleh h.m. Idem .Pada hari Wednesday, March 7, 2012 . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih


:: Get this widget ! ::

0 comments :

Post a Comment

 
Toggle Footer