Breaking News
Loading...
Monday, December 17, 2012

Seni Rupa: Pengertian Seni Menurut Ahli

4:26 AM
Selamat Membaca Artikel Ini dengan Bijaksana, Bila Copy Paste jangan Lupa cantumkan Sumbernya
Seni dan kesenian. Kata – kata ini pasti sering kamu ucapkan atau gunakan dalam percakapan sehari – hari. Tapi apa arti seni sesungguhnya?
Kamus besar Bahasa Indonesia
Seni mempunyai pengertian: (1) halus, kecil dan halus, tipis dan halus, lembut dan enak didengar, mungil dan elok; (2) keahlian membuat karya yang bermutu; (3) kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi (luar biasa); orang yang berkesanggupan luar biasa.
Secara istilah seni berasal dari kata Seni (sansekerta) yang berarti pemujaan, pelayanan, persembahan dan pelayanan. Kata ini berkaitan erat dengan upacara keagamaan yang ada pada akhirnya disebut kesenian, tetapi menurut Pemda Puspita, kata seni berasal dari bahasa Belanda, genie yang dalam bahasa Latin disebut genius yang artinya kemapuan luar biasa yang dibawa sejak lahir.

Karya andre tanama sudah lama tahun 2006
Seiring perkembangan waktu banyak definisi diungkapkan oleh beberapa ahli, antara lain sebagai berikut:
1. Everyman Encyklopedia
Seni adalah segala sesuatu yang dilakukan orang bukan atas dorongan kebutuhan pokoknya, melakukan apa saja yang dilakukan semata – mata karena kehendak akan kemewahan, kenikmatan ataupun kebutuhan spiritual
2. Ensiklopedia Indonesia
Seni adalah penciptaan segala hal atau benda yang karena keindahannya orang senang melihatnya atau mendengarnya
3. Frederich Schiler dan Herbert Spencer
Seni lahir dilatarbelakangi adanya dorongan bermain – main yang ada dalam diri seniman
4. Herbert Read
Seni adalah kemahiran dalam menciptakan aneka bentuk untuk menggembirakan orang lain.
5. Plato
Seni adalah peniruan terhadap alam, sehingga karya seni merupakan tiruan dan bentuk alam seperti manusia, binatang dan tumbuhan
6. Soedarso Sp
Seni adalah karya manusia yang mengomunikasikan pengalaman – pengalaman batinnya, pengalaman batin tersebut disajikan secara indah atau menarik seningga merangsang timbulnya pengalaman batin pula pada manusia lain yang menghayatnya. Kelahirannya tidak didorong oleh hasrat memenuhi kebutuhan pokok, melainkan merupakan usaha melengkapi dan menyempurnakan derajat kemanusiaanya memenuhi kebutuhan yang sifatnya spiritual.
7. Ki Hajar Dewantara
Seni adalah perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah sehingga dapat menggetarkan jiwa perasaan manusia
8. Drs. Sudarmadji
Seni adalah segala manifetasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media garis, bidang, warna, tekstur, volume dan gelap terang.
9. Prof. Drs. Suwadji Bustomi
Seni adalah aktivitas batin dengan pengalaman estetis yang dinyatakan dalam bentuk agung yang mempunyai daya membangkitkan rasa  takjub dan haru
10. Akhdiat Kartamihardja
Seni adalah kegiatan mumi manusia yang merleksikan kenyataan dalam suatu karya yang berkat bentuk dan isinya mempunyai daya untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam alam rohani si penerima.
Berdasarkan beberaka pendapat di atas dapat diketahui bahwa seni merupakan hasil aktivitas batin yang direfleksikan dalam bentuk karya, yang pada akhirnya dapat membangkitkan parasaan orang lain yang melihatnya. Dalam pengertian ini yang termasuk seni adalah kegiatan menghasilkan karya indah. Definisi secara umum seni adalah segala macam keindahan yang diciptakan oleh manusia.


Ekspresi seni manusia di muka bumi ini tidaklah seragam. Ekspresi yang timbuk dengan berbagai gagasan, bentuk dan corak ungkapannya, justru dengan berbeda – beda atau beragam. Keagaman ini berkembang sesuai dengan kebudayaan masyarakat yang bersangkutan. Perbedaan budaya, perbedaan kondisi sosial, dan perbedaan alam sekitar akan membentuk seni yang berbeda.

Dengan beragamnya nilai – nilai budaya nusantara timbullah kesenian nusantara. Kesenian nusantara adalah ekspresi gagasan atau perasaan manusian yang berisi nilai – nilai budaya nusantara melaui pola kelakuan yang menghasilkan karya yang bersifat estetis dan bermakna. Dengan kata lain, kesenian nusantara adalah kesenian yang memiliki nilai – nilai budaya nusantara.

Creative By : h.m. Idem Master Seni

Terimah Kasih telah membaca artikel Seni Rupa: Pengertian Seni Menurut Ahli . Yang ditulis oleh h.m. Idem .Pada hari Monday, December 17, 2012 . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar. Trimakasih


:: Get this widget ! ::

0 comments :

Post a Comment

 
Toggle Footer