Breaking News
Loading...
Monday, December 17, 2012

Seni Rupa: Bentuk-Bentuk Seni Rupa

4:24 AM
Selamat Membaca Artikel Ini dengan Bijaksana, Bila Copy Paste jangan Lupa cantumkan Sumbernya
Dalam visualisasinya seni rupa berwujud bentuk – bentuk yang dinikmati melalindera penglihatan, maka seni rupa disebut seni visual
karya basuki Abdullah
Menurut bentuknya seni rupa dibagi menjadi dua yaitu :
1. Seni rupa dua dimensi, yaitu seni yang dibatasi olah panjang dan lebar atau rupa yang diciptakan pada sebuah bidang datar. Disini jelas bahwa karya seni hanya dapat dilihat dari depan saja. hasil karya seni rupa dua dimensi antara lain :
a. Seni lukis
merupakan cabang seni rupa yang paling umum dikenal masyarakat, kehadirannya dapat dikatakan seni paling tua seperti yang kita lihat pada lukisan masa lampau yang terdapat di gua – gua atau candi – candi. Dalam perkembangannya hingga sekarang kita mengenal cabang – cabang seni lukis yaitu sketsa dan lukisan.
b. Seni reklame
Seni reklame dipergunakan untuk meyerukan atau menganjurkan, menawarkan barang atau produk kepada masyarakat. Penawarannya dibuat menarik sehingga membangkitkan keinginan masyarakat untuk membeli atau melakukan seperti produk yang direklamekan. Dalam perwujudannya, reklame terdiri atas reklame visual, reklame audio, dan reklame audiovisual
c. Seni ilustrasi
Dalam seni rupa ilustrasi dipergunakan untuk memperjelas suatu cerita atau artikel dengan gambar – gambar. Gambar dalam ilustrasi di samping mempunyai daya tarik juga harus jelas, sederhana, mudah dipahami sehingga dapat mewakili isi cerita yang terkandung di dalamnya. Dalam seni ilustrasi menurut jenis artikelnya yang disajikan dibagi menjadi beberapa ilustrasi yaitu ilustrasi cerita, ilustrasi artikel, ilustrasi cover, karikatur, vignet.
d. Ornamen
Hiasan yang dibuat (dengan digambar, dipahat, maupun dicetak) untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ornamen seringkali dihubungkan dengan berbagai corak dan ragam hias yang ada.
e. Seni grafis
Lahirnya seni dibuat dalam usaha memperbanyak hasil dengan model yang sama, tetapi tidak semua hasil cetak disebut seni grafis. Yang dimaksud desain grais disini adalah hasil cetakan yang permbuatannya dikerjakan lewat proses tangan.

2. Seni rupa tiga dimensi
Seni rupa tiga dimensi adalah seni yang dibatasi pleh panjang, lebar dan tinggi jadi memiliki ketebalan atau volume. Dalam visialisasinya, karya seni dapat dilihat dari segala arah. Atau seni yang diciptakan pada sebuah ruangan. Hasil karya seni rupa tiga dimensi yaitu :
a. Seni patung
Sebuah karya tiga dimensi yang pembuatannya dengan cara membentuk, menambah atau mengurangi bahan.
b. Seni kriya
Merupakan seni yang proses pembuatannya memerlukan keterampilan yang tinggi. Pada contohnya seni anyam, seni ukir, seni keramik, kerajinan kulit, dan kerajinan logam. Pada masa sekarang proses pembuatannya tidak hanya ditangani seja, tetapi juga melibatkan seniman yang disebut seniman pengrajin
c. Seni dekorasi
Seni dekorasi digunakan untuk menghias agar tampak artistik.

Created By : h.m. Idem www.masterseni.web.id

Terimah Kasih telah membaca artikel Seni Rupa: Bentuk-Bentuk Seni Rupa . Yang ditulis oleh h.m. Idem .Pada hari Monday, December 17, 2012 . Jika anda ingin sebarluaskan artikel ini, mohon sertakan sumber link asli.

Fajar Cahyono, S.Pd adalah lulusan S1 Seni Rupa Universitas Negeri Malang tahun 2011, setelah Lulus menjadi Guru GTT Seni Rupa di MTsN Kunir hingga sekarang Monday, December 17, 2012, Ikut Serta dalam MGMP Seni Rupa se-Kab Blitar versi Kemenag, berbisnis di dunia percetakan dan setia dengan dunia kepramukaan.


:: Get this widget ! ::

4 comments :

  1. Enter your comment...https://lh5.googleusercontent.com/-PE2GWBseiGk/T2acYH_uNRI/AAAAAAAAChg/HloTeaRIdyQ/s36/09.gif

    ReplyDelete
  2. Enter your comm :-?ent...

    ReplyDelete

 
Toggle Footer